Cara Ampuh Biar Lampu Vespa Awet dan Pastinya Lebih Terang

 

Vespa-Piaggio-Indonesia - Lampu Vespa redup, tidak terang atau bahkan sering mati? ah, tentunya menyebalkan dan menyiksa sekali terlebih saat digunakan pada malam hari. Sebetulnya apa sih yang menyebabkan lampu Vespa jadi seperti itu, dan bagaimana solusinya? yuk kita bahas bersama: 

Pengaruh lampu Vespa yang lampunya redup memang banyak dialami oleh Vespa-Vespa yang pemroduksian sudah terbilang lawas seperti Vespa Super, Vespa PTS, Vespa PS dan banyak lagi, dan yang pastinya vespa tersebut masih menggunakan/ sistem kelistrikan 6 volt.

Namun, di sini saya tidak menyalahkan atau mengambing-hitamkan kenapa vespa-vespa lawas (Vespa Super, Vespa Vbb, PTS atau PS) hanya pakai sistem kelistrikan 6 volt, melainkan akan memberi solusi bagaimana cara mengatasi atau mengakali agar lampu Vespa menjadi terang-benderang kembali dan tentunya tidak mudah putus.

Cara Ampuh Biar Lampu Vespa Awet Dan Pastinya Terang 


1. Gambar di atas merupakan sistem kelistrikan atau lampu yang masih atau belum menggunakan sistem peredam arus listrik atau istilah kelistrikannya adalah kiprok, ya, hematnya ini adalah jalur kelistrikan yang digunakan pada kendaraan yang belum mengaplikasikan kiprok. Bila sobat melihat gambar di atas, tentunya sobat melihat tiga kumparan spul yang berbeda dan pastinya memiliki peran-fungsinya masing-masing. 

2. Nah, loh, jadi bagaimana dari ketiga spul lampu tersebut bisa menghasilkan lampu yang lebih terang, tidak mudah putus, atau istilahnya sesuai dengan yang diharapkan, tetapi tanpa menggunakan kiprok? Tenang sob, sobat hanya perlu menggunakan dioda sebagai pelantara agar lampu Vespa menjadi terang kembali, silakan simak pada gambar di bawah ini:    


 

Bilapun sobat masih kebingungan dengan apa yang saya maksudkan, silakan sobat analisis kembali antara gambar pertama dan kedua, seperti itulah yang saya maksudkan. Sebagai tambahan, dioda merupakan penyetabil atau penyearah kelistrikan agar tidak mudah putus. 

3. Dan untuk pemasangan ke jalur stop-kontak, atau istilah lainnya adalah saklar lampu, silakan sobat melihat pada gambar selanjutnya: 



Bagaimana, Sob, cukup jelas bukan pemaparannya terkait cara ampuh biar lampu Vespa awet dan pastinya bakal lebih terang dari sebelumnya? Semoga artikel ini membantu terhadap masalah yang sedang sobat alami. Terimakasih, salam mesin kanan. 



Sumber: Vespaindonesia.net

10 Responses to "Cara Ampuh Biar Lampu Vespa Awet dan Pastinya Lebih Terang "

  1. bang ini kan gak make kiprok?tapi cepet putus gak?terus itu dioda buat sterilin lampu bukan bang?

    BalasHapus
  2. Para suhu, saya punya vespa super cdi dgn lampu depan 10 buah dan dinamo klakson terompet 1dgn terompet 5 buah. Saya pakai aki 12v 10a GS 12N 10-3B tp kiprok excel awalnya normal smua tp selang 2 bulanan msh tekor jg lampu redup, klakson terompet ga nyala. Apakah harus ganti kiprok yg dayanya gede jg ? Kira2 kiprok apa ya yg pas dan cocok ? Tolong pencerahannya para suhu. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Bang saya kurang mengerti, dari gambar ke1 spul B ada 3kabel, sementara dari gambar ke2 spul B cuma ada 2kabel disatukan. Jadi dari gambar ke2 maksudnya 3kabel spul B disatukan atau gimana bang?

    BalasHapus
  4. Spul B 2 kabel masuk, spul C 3 kabel, itu maksudnya spul C di buang ente suruh beli spul B, jdi itu make nya 2 macam spul B bravo,outnya di gabungin kan jadi 12v,lha itu di searahin dgn dioda .. begitu masuk..







    BalasHapus
  5. Spulnya harus d ubah. / dimodifikasi biar setrum k kiprok lebih besar

    BalasHapus
  6. 1 dioda kuat brapa volt bg??

    BalasHapus
  7. Kang sran aja di vidioin biar lebih jelas umtuk pemula

    BalasHapus
  8. Di saklar nya gimana bang?
    Kan masing2, lampu utama jauh/dekat, lampu sore/seri, dan lampu rem ada input listrik masing2 di saklar standar vespa super?

    BalasHapus
  9. apakah sama kondisinya kabel hijau digabung dengan kabel biru,lalu yang kabel kuning dihubungkan ke body ya??

    BalasHapus