Cara Bikin Mesin Vespa 2Tax Harian Ngebut tapi Tetep Irit

 

Vespa-Piaggio-Indonesia - Vespa pada umumnya memiliki 150cc walaupn ada sebagian yang memiliki cc mesin di bawahnya, contoh: Vespa PTS, Vespa Special, Vespa Primavera (Vespa Smallframe Slass), tetapi Vespa cc 150 yang kebanyakan di miliki para scooterist, kadang jalannya terasa pelan padahal cc mesinnya besar. 

Banyak banget, loh, sob, para scooterist yang mengeluh vespanya pelan, padahal udah dilakukan perubahan besar-besaran di bagian boring dan pengisepan, misalnya nih di-Bore Up, Tune-Up atau istilah pada umumnya di-korek, ya, memang pada tujuan akhirnya sih supaya biar ngebut, tetapi enggak sedikit yang gagal karena caranya yang enggak tepat. enggak tepat loh, ya, sob, bukan salah. hehe. 

Nah, jadi, gimana sih cara bikin Vespa biar ngebut tetapi tetap irit bahan bakar? harus gimana cara koreknya? perangkat apa saja yang dibutuhkan biar vespa bisa ngebut dan punya akselerasi yang top? dari permasalah itu, mari kita urai pertanyaan dan menjawabnya. 

Cara Korek Vespa Harian Biar Ngebut tapi Tetep Irit    

1. Boring Vespa 
Untuk korek harian biar Vespa ngebut tapi tetep irit memang paling utamanya di bagian ini, gak usah ribet nyari boring yang gimana-gimana, mau boring vespa lobang 2 silakan, mau boring lobang 3 enggak masalah, yang penting caranya yang tepat. Maksud dari cara yang tepat itu gimana sih? mungkin itu pertanyaan yang diajukan dari benak sobat vespa, maksudnya gini loh, sobat hanya perlu memperbesar lubang-lubang yang ada pada boring vespa sobat, atau istilahnya di-tuner. Perbesar lubang-lubang itu dengan ukuran bertahap, misalnya nih 0,5mm sampai 1mm. 

Pembesaran lubang-lubang pada bagian boring (lubang bagian knalpot dan lubang inlet) harus bertahap, loh, ya, biar sobat bisa nentuin dan di nemuin di mana pas dan tidak pas setingannya. terlepas dari itu, diusahakan ukuran boring jangan sampai di atas 8 M, bukan karena apa, maksudnya biar getaran pada bodi enggak terlalu segnifikan, pasalnya semakin besar seher yang digunakan makan semakin bersar pula getaran yang dihasilkan.

2. Seher Vespa 
Di bagian ini seher motor apa yang dipake, RX King? Ninja? gak usah berlebihan pake seher gituan, ini kan korek harian, cuman ningkatin performa motor dari sebelumnya. Pake seher stadaran aja, mau seher vespa dari merk Ricambi, Dan Motor, Vesgio, mau seher ring tipis atau ring tebal, bebas koq sob. 

3. Karburator Vespa
Banyak yang mengansumsikan kalau vespa pake karburator motor Jepang misalnya F1ZR, Rx King, Ninja, bakal memperngaruhi tenaga motor, bahkan bisa bikin lebih irit. Iya, memang bisa koq, tapi untuk ukuran setingan seperti apa? harian mah gak usah berlebihan gitu, cukup pakai karburator bawaan vespa. Mau karburator Vespa Super silakan, Vespa PS silakan, Vespa PX silakan, namun di sini saya menekankan adalah karburator Original Vespa bawaan dengan mengubah ukuran spuyer bensin menjadi ukuran 100 sampai dengan 120. Bilapun Vespa sobat pengisapannya udah nyembur, udah basah di bagian belakang mesin, sobat harus pakai manifold tumpuk. Banyak koq yang jualan, banyak konsultasi saja gimana-gimananya. 

4. Silinder head/ Kop Vespa 
Pada bagian ini, yaitu silinder head, sobat hanya perlu sedikit memapas daging pada silinder head, gunanya biar Vespa sobat hentakannya lebih responsif. 

5. Knalpot Vespa Bawaan
Namanya juga korek vespa harian, ya, knalpotnya harus yang harian juga, terdengar adem dan gak bikin risih tetangga, terlebih kalau sobat jalan di gang pada malem-malem, kan enak tuh enggak pake acara matiin vespa segala, namun yang terpenting adalah biasakan membersihkan knapot vespa per 2 tahun sekali, maksudnya biar terbebas dari kerak-kerak yang menghambat jalur buang bahan bakar. 

6. Timming Vespa yang Pas
Untuk bagian ini, saya menyarankan agar vespa pakai setelan kering saja, yaitu melakukan pergeseran beberapa derajat ke arah kiri, sebab ini disesuaikan dengan untuk spuyer bensin yang diperbesar. Lebih jelasnya tentang ukuran timming sobat bisa tanyakan langsung ke mekanik atau forum yang sobat sering ikutin.

Begitulah, Sob, cara bikin Korek Harian Vespa Biar Ngebut dan Tetep irit bahan bakar yang bisa saya informasikan, semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan sobat tentang cara korek vespa: bore-up, stroke-up dan tune-up. Terimakasih sudah menyimak.

Sumber: Vespaindonesia.net

12 Responses to "Cara Bikin Mesin Vespa 2Tax Harian Ngebut tapi Tetep Irit"

  1. Bos.saya punya vespa super thn 82.semua masih asli.blm dpt di kutak2tik!!minta infonya dong!!!!!biar vespa saya kenceng larinya utk pakai harian,apanya yg perlu di ganti.mhn saran dan infonya๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih orian mah sayang bang, wkwkwkwk

      Hapus
    2. Rasionya pake Ps Strada... Monggo cobain... Sama vixion standar juga berani aku udah coba di pantura... Tapi superku ban ring 10

      Hapus
  2. Bos saya punya px nah saya udah korek tapi masih nahan itu apanya ya bos... Mohon banget saran nya๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  3. Gan mesin saya Ps sudah pakai boring inlet 5 sudah saya porting harian, kira kira kalo saya pakai karbu standar vespa ukuran 20 20 Itu spuyer kecil dan besarnya enak pakai ukuran berap ya?

    BalasHapus
  4. Klo berebet dirpm atas knpa tuh mas

    BalasHapus
  5. Gan saya punya Vespa, tenaga di gigi 3-4 itu loyo, mungkin ada solusinya

    Thx om

    BalasHapus
  6. Kalu blok nya sudah puringan gimna? Mksd nya blok nya sdh nambah daging dibagian dalem nya apakah masih bisa di korek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalo boring overbosh bagusnya sih diatur lagi lobang bilas n transfernya... Biasanya kalo langsung dipasang suka ngempos, soalnya geser 0,5 mm aja durasi pengabutanya berubah

      Hapus